Bantuan

Privasi & Keamanan | Kebijakan Privasi


Kebijakan Privasi berikut (selanjutnya disebut “Kebijakan”) berlaku untuk pengumpulan, penggunaan, dan pengungkapan Data Pribadi tiap pelanggan (yang definisinya dijelaskan dalam pernyataan ini) yang ditimbulkan oleh penyediaan barang dan/atau layanan oleh Clarins Pte Ltd dan/atau perusahaan yang berafiliasi dengannya yang berlokasi di Indonesia (selanjutnya secara bersama-sama disebut “Clarins”) serta situs-situs web yang dioperasikan oleh Clarins Pte Ltd, termasuk situs web dengan alamat www.clarins.com.


1. Umum

1.1 Pernyataan Kebijakan berikut menjelaskan kewajiban dan kebijakan Clarins terkait Data Pribadi tiap pelanggan. Clarins berjanji akan melakukan upaya wajar untuk melaksanakan, bilamana memungkinkan, ketentuan dan proses yang tercantum dalam pernyataan ini dalam kegiatan yang dilakukannya.

1.2 Pejabat, manajemen, dan anggota staf Clarins akan melakukan upaya wajar untuk menjaga kerahasiaan dan menjamin keamanan tiap dan seluruh Data Pribadi yang dikumpulkan dan/atau disimpan dan/atau diungkapkan dan/atau digunakan untuk atau atas nama Clarins. Clarins akan melakukan upaya wajar guna memastikan bahwa seluruh praktik pengumpulan dan/atau penyimpanan dan/atau pengungkapan dan/atau penggunaan Data Pribadi oleh Clarins dilaksanakan secara tepat dan sesuai dengan Undang-Undang Data Pribadi dan Kebijakan ini.

1.3 Dengan berinteraksi dengan kami, menyerahkan informasi, atau membeli produk atau layanan yang kami tawarkan, Anda setuju dan memberi Clarins izin sekaligus tiap perwakilan dan/atau agennya (“Perwakilan”) (secara bersama-sama dalam Pernyataan ini disebut “Clarins” atau “kami”) untuk mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan, dan membagikan dari satu sama lain Data Pribadi Anda serta mengungkapkan Data Pribadi tersebut kepada penyedia layanan dan pihak ketiga yang bersangkutan yang telah ditunjuk Clarins dengan cara yang ditentukan dalam Pernyataan Privasi ini.

1.4 Kebijakan ini berfungsi sebagai pelengkap dan tidak membatalkan atau menggantikan persetujuan lain yang mungkin telah diberikan kepada kami terkait Data Pribadi Anda. Persetujuan yang disebutkan dalam pernyataan ini bersifat tambahan dalam kaitannya dengan hak-hak yang diberikan hukum kepada kami untuk mengumpulkan, menggunakan, atau mengungkapkan Data Pribadi Anda.

1.5 Untuk keperluan Kebijakan ini, sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi Singapura Tahun 2012 (Singapore Personal Data Protection Act 2012) Nomor 26 (“Undang-Undang Data Pribadi”), “Data Pribadi”, terlepas dari kebenarannya, adalah data tentang seorang pelanggan yang dapat diidentifikasi melalui data tersebut atau melalui data dan informasi lain yang dapat atau kemungkinan dapat diakses perusahaan. Data Pribadi tersebut juga mengacu ke data yang telah dimiliki Clarins atau yang akan dikumpulkan Clarins di masa mendatang.


2. Menghubungi Customer Service

2.1 Apabila Anda membuat permintaan sah untuk mengakses dan/atau memperbaiki Data Pribadi yang dimiliki dan dikelola oleh Clarins, kami akan memberikan dan/atau memperbaiki data tersebut dalam kurun waktu 30 hari dengan cara yang sesuai dengan prosedur standar yang akan dijelaskan dalam pernyataan ini.

2.2 Clarins telah menetapkan prosedur untuk menerima dan menanggapi pertanyaan atau pengaduan yang mungkin diajukan terkait pelaksanaan Undang-Undang Data Pribadi tersebut. Agar pengaduan dan pertanyaan tersebut dapat diterima oleh Clarins, mohon kirimkan melalui email kepada Customer Service Clarins dengan alamat email sebagai berikut: customercare@clarins.co.id

2.3 Mohon diperhatikan bahwa jika data pribadi tersebut disediakan oleh pihak ketiga (misalnya, seorang anggota melalui program referensi), harap hubungi pihak tersebut agar mengirimkan pertanyaan, pengaduan, dan permintaan akses dan perbaikan data kepada Clarins untuk Anda.

2.4 Apabila tidak mengizinkan Clarins menggunakan Data Pribadi Anda untuk tujuan yang tercantum dalam Pasal 3.2 sampai Pasal 3.4 atau tidak ingin menerima materi promosi dari Clarins, silakan hentikan keikutsertaan Anda dengan mengirimkan pernyataan yang ditulis dengan jelas kepada CS melalui alamat email yang termuat dalam Pasal 2

2.5 Permintaan tersebut akan diproses dalam waktu 30 hari. Mohon diperhatikan bahwa tindakan tersebut akan menghambat kami dalam melayani kebutuhan Anda apabila hubungan bisnis telah terjalin.

3. Pernyataan tentang Prosedur


Jenis Data Pribadi yang Dikumpulkan:

3.1 Sebagai bagian dari kegiatan operasional sehari-hari, Clarins dapat memperoleh sebagian atau seluruh Data Pribadi dari Anda, melalui berbagai sarana, termasuk situs web, aplikasi ponsel cerdas, gerai, dan acara promosi seperti gelar wicara serta sarana lainnya yang digunakan oleh Clarins seiring waktu:

- Nama (nama depan dan belakang);
- Alamat;
- Nomor telepon (termasuk nomor ponsel);
- Nomor telepon kantor;
- Alamat email;
- Informasi rekening bank/kartu kredit;
- Gender;
- Data pribadi kontak darurat Anda;
- Nama pengguna dan kata sandi;
- Alamat IP;
- Tanggal lahir
- Foto dan gambar; dan
- Data pribadi lainnya yang Anda berikan.


Kuki

Penggunaan kuki di situs web kami bertujuan untuk melacak jumlah pengunjung dan memantau pengalaman pengguna. Sebagian besar peramban web dirancang agar dapat menerima pelacakan oleh kuki. Jika tidak ingin dilacak kuki, Anda dapat mengatur peramban untuk menolak penggunaannya.


Tujuan Pengumpulan Data Pribadi

3.2 Data Pribadi yang disebutkan di atas pada Pasal 3.1 dikumpulkan untuk keperluan penanganan pengajuan dan pendaftaran keanggotaan dan untuk memastikan terpenuhinya syarat untuk diskon, program prioritas, atau berbagai keuntungan lainnya atau untuk keperluan terkait; untuk melaksanakan riset dan analisis pasar; untuk pemasaran langsung melalui panggilan telepon, SMS, email, surat promosi, dan pesan faksimile; untuk keperluan pembayaran dan/atau pengendalian kredit; untuk memberitahukan informasi perubahan pada kebijakan atau layanan yang mungkin penting bagi Anda; untuk merespons pertanyaan dan umpan balik; untuk mengelola dan memperbarui data keanggotaan; untuk menyediakan layanan khusus; sebagai acuan dalam pengembangan, penyediaan, dan peningkatan produk, layanan, konten, dan iklan kami; untuk mengelola situs web kami; untuk meningkatkan pengalaman Anda; dan untuk memberitahukan perkembangan, layanan, serta promosi terbaru dari Clarins dan pihak ketiga lain yang berafiliasi dengan kami.


Pengungkapan Data Pribadi

3.3 Guna menjalankan fungsi di atas, Clarins dapat sewaktu-waktu mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada perusahaan Clarins yang lainnya.

3.4 Tanpa menyimpang dari ketentuan di atas, Clarins juga dapat mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada pihak ketiga berikut.

- Pejabat pembuat undang-undang dan aparat penegak hukum;
- Pengacara;
- Auditor;
- Penyedia layanan dan konsultan pihak ketiga;
- Perusahaan penerbit kartu kredit, kartu debit, dan charge card, bank, dan penyelenggara sistem pembayaran
- Calon pengakuisisi atau investor untuk Clarins atau perusahaan milik Clarins;
- Agen atau subkontraktor yang ditunjuk Clarins untuk menyalurkan layanannya.

3.5 Clarins juga dapat mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada pihak yang disebutkan di atas dalam hal sebagai berikut.

- Sejauh diwajibkan oleh hukum;
- Untuk keperluan proses hukum atau proses hukum yang akan berjalan;
- Untuk menetapkan, melaksanakan, atau membela hak-hak hukum Clarins;
- Untuk diungkapkan kepada pengakuisisi (atau calon pengakuisisi) bisnis atau aset yang akan dijual (atau sedang dipertimbangkan untuk dijual) oleh Clarins;
- Untuk diungkapkan kepada individu dan/atau entitas yang ditunjuk Clarins untuk memproses informasi tersebut;
- Untuk diungkapkan kepada pihak ketiga yang menyediakan layanan kepada Clarins atau yang ditunjuk Clarins sebagai penyedia layanan;
- Untuk diungkapkan kepada pihak ketiga yang mengakuisisi sebagian atau seluruh Clarins atau bisnis Clarins;
- Berdasarkan persetujuan Anda; dan
- Untuk tujuan pemulihan pascabencana.


Ketentuan Tambahan Terkait Data Pribadi

3.6 Dalam beberapa kasus, Anda mungkin juga diminta memberikan Data Pribadi tertentu yang dapat digunakan untuk meningkatkan lebih jauh produk dan layanan Clarins dan/atau agar jenis informasi yang disajikan lebih sesuai. Dalam sebagian besar kasus, data seperti ini bersifat opsional. Akan tetapi, jika layanan yang diminta merupakan layanan khusus atau penyediaan suatu produk atau bergantung pada seluruh data yang Anda berikan, layanan tersebut mungkin tidak dapat disediakan oleh Clarins karena data yang diminta tidak diberikan. Jenis data ini termasuk, tetapi tidak terbatas pada:

- Usia Anda;
- Gender;
- Rentang penghasilan dan informasi terkait pekerjaan;
- Tingkat pendidikan dan profesi;
- Riwayat kesehatan;
- Hobi dan minat;
- Produk dan layanan terkait lainnya yang dibeli; dan
- Data kependudukan keluarga dan rumah tangga.

3.7 Dalam kasus tertentu, percakapan dalam panggilan telepon ke perusahaan milik Clarins yang digunakan untuk memesan dan/atau ke hotline layanan dan/atau ke nomor telepon customer service akan direkam untuk tujuan kendali mutu, penilaian kinerja, dan manajemen serta pengembangan staf. Dalam hal tersebut, dengan menyetujui Kebijakan ini, Anda memberikan persetujuan atas pengumpulan, penggunaan, dan pengungkapan Data Pribadi tersebut untuk keperluan pengelolaan data kami, penanganan persoalan dan/atau transaksi Anda, serta kendali mutu dan pelatihan staf.


4. Transfer Data Pribadi ke Negara Lain

Data Pribadi Anda mungkin akan diproses oleh Clarins dan afiliasi, agen, dan pihak ketiga yang bekerja sama dengan Clarins yang menyediakan layanan kepada Clarins dan berlokasi di luar wilayah hukum Indonesia. Dalam hal tersebut, Clarins akan tunduk pada ketentuan yang tercantum dalam Undang-Undang Data Pribadi.

5. Keakuratan Data Pribadi

Bilamana memungkinkan, Clarins akan memverifikasi data yang diberikan melalui praktik dan prosedur yang diterima secara umum. Praktik tersebut mencakup penggunaan verifikasi checksum untuk kolom input informasi numerik tertentu, seperti kolom nomor rekening atau kolom nomor kartu kredit. Dalam beberapa kasus, Clarins berhak memvalidasi data yang diberikan menggunakan data yang telah dikelola Clarins sebelumnya. Untuk kasus tertentu, Clarins perlu melihat dokumen asli sumber Data Pribadi sebelum Data Pribadi dapat digunakan, seperti Kartu Identitas dan/atau bukti tinggal. Agar Data Pribadi Anda yang dikelola Clarins tetap akurat, apabila ada perubahan terbaru pada bagian Data Pribadi yang mana saja, mohon sampaikan dengan mengirimkan pernyataan terkait yang ditulis secara jelas kepada DPO melalui alamat email yang tercantum pada Pasal 2.2.

6. Perlindungan Data Pribadi

Clarins menerapkan prosedur pengamanan fisik, manajerial, dan teknis yang wajar secara komersial guna menjaga keutuhan dan keamanan Data Pribadi Anda dan tidak akan dengan sengaja memberikan akses ke data tersebut kepada pihak mana pun selain Clarins dan Anda sesuai ketentuan dalam Kebijakan ini. Meski demikian, Clarins tidak dapat memastikan atau menjamin keamanan informasi yang Anda kirimkan ke Clarins. Pengiriman informasi tersebut merupakan tanggung jawab Anda. Artinya, Clarins tidak dapat menjamin bahwa informasi tersebut tidak akan diakses, diubah, ditampung di tempat lain, disalin, dihancurkan, dibuang, diungkapkan, atau dimodifikasi sebagai akibat dari gagalnya prosedur pengamanan fisik, teknis, atau manajerial yang diterapkan Clarins.

7. Akses dan Koreksi Data Pribadi

7.1 Sesuai dengan Pasal 2.1 Kebijakan ini, Anda berhak untuk:
a) memastikan apakah Clarins memegang Data Pribadi yang berkaitan dengan Anda atau tidak dan jika ya, meminta salinan data tersebut; dan
b) meminta Clarins mengoreksi Data Pribadi yang berkaitan dengan Anda yang tidak akurat sesuai keperluan penggunaannya.

7.2 Clarins berhak mengenakan biaya administrasi yang wajar guna menindaklanjuti permintaan Anda sesuai ketentuan pada Pasal 7.1(a). Permintaan tersebut akan diproses dalam waktu 30 hari setelah pembayaran biaya yang diperlukan untuk melaksanakan kewajiban dalam Pasal 7.1(a) diterima dan/atau setelah permintaan untuk melaksanakan kewajiban dalam Pasal 7.1(b) diterima.

7.3 Untuk memverifikasi informasi yang diberikan kepada Clarins atau untuk memeriksa prosedur yang digunakan Clarins dalam menggunakan dan memproses data pribadi Anda, sesuai prosedur keamanan Clarins, Anda mungkin akan diminta untuk mengirimkan bukti identitas sebelum kami mengungkapkan informasi tersebut. Bukti identitas tersebut berupa nama lengkap, nomor keanggotaan dan nomor KTP atau paspor. Oleh karena itu, keamanan informasi tersebut harus dijaga karena Anda bertanggung jawab atas segala tindakan yang dilakukan Clarins setelah menerima permintaan dari orang yang menggunakan informasi tersebut. Kami sangat menyarankan agar tidak menggunakan fitur penyimpan kata sandi dari peramban saat login ke akun online Anda karena dapat memungkinkan orang lain menggunakan perangkat pengakses data tersebut untuk mengakses informasi pribadi Anda.

8. Penyimpanan dan Retensi Data Pribadi

Clarins akan menghapus, sejauh memungkinkan, Data Pribadi atau menganonimkan informasi pribadi yang disertakan di dalamnya apabila Data Pribadi tidak diperlukan untuk tujuan bisnis atau hukum wajar yang dimiliki Clarins dan saat Data Pribadi dihapus dari sistem penyimpanan data elektronik, manual, atau lainnya sesuai dengan prosedur internal Clarins dan/atau perjanjian lainnya.

9. Menghubungi Anda

Dengan mencentang kotak pada formulir pendaftaran atau dengan bentuk pernyataan lainnya, dengan mempertimbangkan informasi sarana komunikasi yang telah disampaikan kepada Clarins (yang mungkin termasuk nomor telepon dan nomor faksimile) yang dimasukkan/akan dimasukkan ke dalam Daftar Jangan Telepon (Do Not Call Registry, selanjutnya disebut “DNC”), Anda secara jelas dan tersurat memberikan Clarins hak untuk menghubungi Anda melalui semua sarana komunikasi yang telah diberitahukan kepada Clarins, termausk melalui panggilan suara, SMS, WhatsApp, MMS, faksimile, atau aplikasi atau sarana komunikasi lainnya yang serupa untuk tujuan yang dinyatakan di atas dalam Pasal 3.2. Dengan demikian, Anda akan terus dapat memperoleh harga promosi dan layanan dari Clarins.

10. Perubahan Kebijakan

Clarins berhak mengubah pasal mana pun yang termuat dalam pernyataan ini sesuai dengan peraturan wilayah setempat dan untuk tujuan yang secara wajar dianggap perlu oleh Clarins. Mohon periksa ketentuan yang tercantum secara berkala. Jika tidak setuju dengan ketentuan yang sudah diubah, harap segera memberitahukan kepada kami ketentuan yang tidak Anda setujui. Sebelum adanya pemberitahuan tersebut, jika ada inkonsistensi antara ketentuan tersebut dan ketentuan tambahan, ketentuan tambahan dianggap sebagai yang berlaku untuk inkonsistensi tersebut.

11. Hukum yang Berlaku

Kebijakan ini tunduk pada dan ditafsirkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan Indonesia. Anda dengan ini tunduk terhadap, tetapi tidak terbatas pada, pengadilan Indonesia.

12. Lain-Lain

12.1 Kebijakan ini hanya berlaku untuk pengumpulan dan penggunaan Data Pribadi oleh Clarins. Situs pihak ketiga yang kami sediakan tautannya, bahkan jika situs tersebut mencantumkan logo kami di samping logonya, tidak termasuk dalam Kebijakan ini. Clarins tidak membagikan Data Pribadi Anda kepada situs web pihak ketiga. Clarins tidak bertanggung jawab atas praktik terkait privasi dan manajemen yang diterapkan oleh situs web pihak ketiga tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu membaca kebijakan privasi tiap situs web pihak ketiga tersebut sebelum memberikan Data Pribadi apa pun.

12.2 Clarins tidak akan menjual informasi pribadi Anda kepada pihak ketiga tanpa izin, tetapi kami tidak bertanggung jawab atas tindakan situs web pihak ketiga yang mungkin mencantumkan tautan ke atau mengarahkan ke situs web Clarins.

12.3 Situs web Clarins tidak ditujukan untuk anak-anak di bawah 18 tahun. Clarins tidak secara sengaja meminta informasi pribadi dari anak-anak di bawah 18 tahun atau mengirimi mereka permintaan untuk memberikan data pribadinya.

Tidak menemukan pertanyaan Anda?

Butuh Bantuan?

HUBUNGI KAMI
(62) 813 9500 0228 (Whatsapp Only)
Sen-Jum 09.00-17.00 (di luar hari libur)

EMAIL:
customercare@clarins.co.id
Harap diperhatikan, email dibalas maksimal dalam satu hari kerja.